YKI deteksi dini kanker Retinoblastoma dan serviks di Rusunawa

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Jakarta Barat melakukan deteksi dini kanker Retinoblastoma dan kanker serviks di Rusunawa. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini kanker dan upaya pencegahan yang dapat dilakukan.

Retinoblastoma adalah jenis kanker mata yang paling umum terjadi pada anak-anak di bawah usia lima tahun. Kanker serviks, atau kanker leher rahim, juga merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering ditemukan pada wanita. Kedua jenis kanker ini dapat diobati dengan baik jika dideteksi pada tahap awal.

Deteksi dini kanker Retinoblastoma dilakukan melalui pemeriksaan mata oleh dokter spesialis mata. Sedangkan deteksi dini kanker serviks dilakukan melalui Pap smear, yaitu pemeriksaan sel-sel leher rahim untuk mendeteksi adanya perubahan yang berpotensi menjadi kanker.

Kegiatan deteksi dini yang dilakukan YKI dan Dinas Kesehatan Jakarta Barat di Rusunawa bertujuan untuk memperkenalkan pentingnya deteksi dini kanker kepada masyarakat, serta memberikan akses mudah bagi mereka untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi tentang gaya hidup sehat dan upaya pencegahan kanker.

Dengan adanya kegiatan deteksi dini kanker Retinoblastoma dan kanker serviks di Rusunawa, diharapkan masyarakat dapat lebih aware terhadap pentingnya menjaga kesehatan mata dan kesehatan reproduksi. Selain itu, diharapkan pula bahwa lebih banyak kasus kanker yang dapat dideteksi pada tahap awal, sehingga tingkat kesembuhan dari kanker dapat meningkat.

Kegiatan deteksi dini kanker yang dilakukan oleh YKI dan Dinas Kesehatan Jakarta Barat di Rusunawa merupakan langkah positif dalam upaya pencegahan dan pengendalian kanker. Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan secara berkala dan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dalam menjaga kesehatan mereka.