Pakar: Pemerintah perlu tiru cara Eropa dalam tangani kecanduan rokok

Kecanduan rokok merupakan masalah serius yang masih menjadi perhatian utama di Indonesia. Menurut data Kementerian Kesehatan, jumlah perokok di Indonesia mencapai angka yang sangat tinggi, yakni sekitar 65 juta orang. Hal ini tentu menjadi perhatian serius, mengingat dampak buruk dari kebiasaan merokok terhadap kesehatan.

Untuk mengatasi masalah kecanduan rokok, pemerintah perlu belajar dari negara-negara di Eropa yang telah berhasil mengurangi jumlah perokok dan meningkatkan kesadaran akan bahaya rokok. Salah satu cara yang dapat diadopsi adalah dengan memberlakukan kebijakan yang ketat terkait iklan dan promosi rokok.

Di Eropa, iklan rokok dilarang secara ketat dan promosi rokok hanya boleh dilakukan di tempat-tempat tertentu yang telah ditetapkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi paparan masyarakat terhadap promosi rokok dan membantu mengurangi minat masyarakat terhadap rokok.

Selain itu, pemerintah juga perlu meningkatkan edukasi tentang bahaya rokok dan memberikan layanan kesehatan yang memadai bagi perokok yang ingin berhenti merokok. Program-program berhenti merokok yang efektif dan mudah diakses dapat membantu perokok untuk mengurangi kebiasaan merokok dan akhirnya berhenti sepenuhnya.

Selain itu, pemerintah juga harus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti lembaga kesehatan dan organisasi masyarakat, untuk memberikan dukungan dan bantuan bagi perokok yang ingin berhenti merokok. Dengan adanya sinergi antara pemerintah dan pihak-pihak terkait, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih sehat dan bebas dari kebiasaan merokok.

Sebagai negara dengan jumlah perokok yang tinggi, langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah dalam mengatasi kecanduan rokok sangat penting. Dengan meniru cara Eropa dalam mengatasi kecanduan rokok, diharapkan Indonesia dapat mencapai kemajuan dalam mengurangi jumlah perokok dan meningkatkan kesadaran akan bahaya rokok. Semoga dengan adanya langkah-langkah yang efektif, Indonesia dapat menjadi negara yang bebas dari kebiasaan merokok dan memiliki masyarakat yang lebih sehat.