INASH: Jamaah haji dengan hipertensi harus rajin konsumsi air dan obat

INASH, atau Ikatan Nasional Anti Hipertensi, adalah sebuah organisasi yang didirikan untuk memberikan edukasi dan dukungan kepada masyarakat yang menderita hipertensi. Salah satu kelompok yang rentan terkena hipertensi adalah jamaah haji, khususnya para lansia yang melakukan ibadah haji.

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi yang sering terjadi pada orang tua dan dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung, stroke, dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi jamaah haji yang menderita hipertensi untuk rajin mengonsumsi obat dan air.

Konsumsi air yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan jamaah haji yang memiliki hipertensi. Air membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, memperlancar peredaran darah, dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Jamaah haji juga disarankan untuk menghindari minuman berkafein dan beralkohol, karena dapat meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, jamaah haji dengan hipertensi juga harus rajin mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter. Obat-obatan hipertensi dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah komplikasi yang lebih serius. Jamaah haji juga disarankan untuk membawa obat hipertensi cadangan selama perjalanan haji, untuk menghindari kekurangan obat saat berada di tanah suci.

INASH juga memberikan edukasi kepada jamaah haji tentang pentingnya mengontrol tekanan darah secara teratur, menjaga pola makan yang sehat, dan berolahraga secara teratur. Dengan menjaga tekanan darah tetap stabil, jamaah haji dapat menjalani ibadah haji dengan lebih nyaman dan aman.

Dengan perhatian dan dukungan dari INASH, jamaah haji dengan hipertensi diharapkan dapat menjalani ibadah haji dengan lancar dan sehat. Semoga para jamaah haji senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan selama menjalankan ibadah suci. Aamiin.