Dokter tegaskan urut tidak sembuhkan urat yang robek akibat keseleo

Dokter tegaskan urut tidak sembuhkan urat yang robek akibat keseleo

Keseleo adalah cedera yang umum terjadi pada sendi akibat gerakan yang tidak tepat atau terlalu keras. Salah satu akibat dari keseleo adalah robeknya urat yang bisa menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan. Banyak orang yang berpikir bahwa urut bisa membantu menyembuhkan urat yang robek akibat keseleo, namun dokter menegaskan bahwa hal ini tidak benar.

Dokter Spesialis Orthopedi, dr. Andika, menjelaskan bahwa urat yang robek akibat keseleo tidak dapat sembuh hanya dengan diurut. Urat yang robek memerlukan perawatan medis yang lebih intensif seperti istirahat, kompres dingin, dan terapi fisik. Selain itu, dalam kasus yang lebih parah, mungkin diperlukan tindakan operasi untuk memperbaiki urat yang robek.

Mengurut urat yang robek justru bisa memperburuk kondisi cedera dan menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Urut yang dilakukan dengan cara yang tidak tepat bisa membuat urat semakin robek dan memperpanjang proses penyembuhan. Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis yang berpengalaman jika mengalami keseleo atau cedera serupa.

Untuk mencegah keseleo dan cedera lainnya, penting untuk melakukan pemanasan sebelum beraktivitas fisik, menghindari gerakan yang terlalu keras, dan menggunakan perlengkapan pelindung jika diperlukan. Selain itu, menjaga kondisi fisik dan melakukan olahraga secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko cedera.

Jadi, jika Anda mengalami keseleo atau cedera serupa, jangan langsung mengurut urat yang robek. Segera konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat dan mencegah komplikasi yang lebih serius. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menjaga kesehatan dan mencegah cedera.