Diet Mediterania bisa turunkan kecemasan dan stres pada lansia

Diet Mediterania adalah salah satu jenis diet yang terkenal karena manfaat kesehatannya yang beragam. Selain dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes, diet ini juga telah terbukti dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres pada lansia.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Barcelona menemukan bahwa lansia yang mengikuti diet Mediterania memiliki tingkat kecemasan dan stres yang lebih rendah daripada lansia yang tidak mengikuti diet tersebut. Diet Mediterania dikenal kaya akan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan minyak zaitun, yang semuanya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan otak dan mental.

Salah satu faktor yang membuat diet Mediterania efektif dalam mengurangi kecemasan dan stres adalah kandungan antioksidan tinggi yang dimilikinya. Antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan merusak sel-sel otak. Selain itu, asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan juga telah terbukti dapat meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi.

Selain itu, diet Mediterania juga dikenal karena dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Lansia yang memiliki berat badan yang sehat cenderung memiliki tingkat kecemasan dan stres yang lebih rendah daripada mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Untuk menerapkan diet Mediterania, lansia disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan minyak zaitun secara teratur. Hindari makanan olahan dan makanan tinggi lemak jenuh, serta batasi konsumsi gula dan garam.

Dengan mengikuti diet Mediterania, lansia dapat merasakan manfaat kesehatan yang beragam, termasuk mengurangi kecemasan dan stres. Selain itu, diet ini juga dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental mereka di masa tua. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba diet Mediterania sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup lansia.