Biaya membuat paspor – ANTARA News

Biaya membuat paspor adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mengidentifikasi diri seseorang serta memberikan izin untuk melakukan perjalanan ke negara lain.

Untuk membuat paspor, seseorang perlu mengeluarkan sejumlah biaya yang harus dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Biaya pembuatan paspor dapat bervariasi tergantung dari jenis paspor yang dibuat, seperti paspor biasa, paspor diplomatik, atau paspor dinas.

Menurut informasi dari Kantor Imigrasi, biaya pembuatan paspor di Indonesia saat ini adalah sebesar Rp 355.000 untuk paspor biasa dengan masa berlaku 5 tahun. Namun, biaya tersebut bisa berbeda tergantung dari beberapa faktor seperti kecepatan proses pembuatan paspor dan jenis paspor yang dibutuhkan.

Selain biaya pembuatan paspor, terdapat juga biaya tambahan yang perlu dikeluarkan seperti biaya pengurusan visa, biaya pengambilan foto, dan biaya lainnya yang mungkin diperlukan selama proses pembuatan paspor.

Untuk menghindari adanya biaya tambahan yang tidak terduga, sebaiknya calon pemegang paspor mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan dengan lengkap dan melakukan konsultasi dengan pihak yang berwenang sebelum mengajukan permohonan pembuatan paspor.

Dengan mengetahui biaya pembuatan paspor dan persiapan yang matang, diharapkan proses pembuatan paspor dapat berjalan lancar dan tidak menimbulkan masalah bagi pemegang paspor saat melakukan perjalanan ke luar negeri.