7 Manfaat baking soda yang tidak banyak diketahui orang

Baking soda, atau yang dikenal juga dengan soda kue, sudah tidak asing lagi di dapur kita. Bahan yang sering digunakan dalam memasak ini ternyata juga memiliki banyak manfaat lain yang tidak banyak diketahui orang. Berikut adalah tujuh manfaat baking soda yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Membersihkan gigi
Baking soda bisa digunakan sebagai pengganti pasta gigi karena memiliki sifat abrasive yang dapat membersihkan gigi dari plak dan noda. Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta gigi alami yang dapat membersihkan gigi secara efektif.

2. Menghilangkan bau badan
Jika Anda memiliki masalah dengan bau badan yang tidak sedap, cobalah menggunakan baking soda. Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta, lalu oleskan pada ketiak atau bagian tubuh lain yang bau. Baking soda dapat menyerap bau badan dan membuat Anda tetap segar sepanjang hari.

3. Meredakan gatal-gatal
Baking soda juga dapat membantu meredakan gatal-gatal pada kulit. Campurkan baking soda dengan air dan oleskan pada area yang gatal. Baking soda memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit.

4. Menghilangkan bau tidak sedap di kulkas
Jika kulkas Anda memiliki bau tidak sedap, letakkan mangkuk kecil yang berisi baking soda di dalamnya. Baking soda akan menyerap bau tidak sedap dan membuat kulkas Anda tetap segar.

5. Membersihkan peralatan dapur
Baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan peralatan dapur, seperti panci dan wajan yang berkerak. Campurkan baking soda dengan air untuk membuat pasta, lalu oleskan pada peralatan dapur yang kotor. Gosok perlahan dan bilas dengan air bersih untuk hasil yang bersih dan berkilau.

6. Menghilangkan noda pada pakaian
Jika pakaian Anda terkena noda yang sulit dihilangkan, cobalah menggunakan baking soda. Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta, lalu oleskan pada noda pada pakaian. Biarkan selama beberapa menit sebelum dicuci seperti biasa.

7. Menjaga kesegaran buah dan sayur
Baking soda dapat membantu memperpanjang kesegaran buah dan sayur. Letakkan mangkuk kecil yang berisi baking soda di dalam lemari buah atau sayur untuk menyerap gas yang mempercepat proses pembusukan.

Itulah tujuh manfaat baking soda yang mungkin belum banyak diketahui orang. Dengan manfaat yang beragam ini, baking soda bisa menjadi bahan yang sangat berguna di rumah kita. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan baking soda dalam berbagai keperluan sehari-hari Anda.